Wednesday, November 28, 2012

Resep Mpasi Tanpa Gula Garam

*Nasi dengan Daging Kerbau*
- Mpasi untuk 8 bulan keatas -

Bahan:
1. Beras
2. Daging Kerbau (bisa diganti sapi) :D
3. Air
4. Bawang Bombay
5. Daun Salam (optional)
6. Minyak Zaitun


Perlengkapan:
1. Slow Cooker

Semua bahan takarannya sesuai dengan kebutuhan :) Kebetulan saya pakai slow cooker ukuran yang paling kecil, kalau tidak salah 0,7L. Jadi takaran bahan tidak terlalu banyak.

Tahapan:
1. Cuci beras hingga bersih. Masukkan ke dalam slow cooker (jangan dinyalakan dulu yaa).

2. Cuci daun salam dan masukkan ke slow cooker.

3. Potong kecil2 bawang bombay, cuci dan masukkan ke slow cooker.

4. A. Potong daging sesuai selera (tergantung usia bayi) cuci dan masukkan ke slow cooker.
---------atau---------
4. B. Cuci daging dan masukkan ke slow cooker.

5. Tambahkan air sampai hampir penuh.

6. Nyalakan slow cooker sampai kurang lebih 4-5jam.

7. Jika pada tahap ke 4 Daging belum dipotong kecil-kecil, setelah 4-5jam, angkat daging dan potong kecil-kecil (akan lebih mudah karena daging mulai empuk) lalu masukkan kembali daging tersebut.

8. Aduk rata dan masak lagi selama 3-4jam.

9. Jika kira-kira tekstur yang diinginkan sudah didapat (tekstur disesuaikan dengan usia bayi). Matikan. Jika kurang lembek, bisa ditambahkan air dan di masak lagi.

10. Yang perlu diperhatikan adalah selama memasak jangan sampai air dalam slow cooker habis (kecuali kalau memang sudah mau dimakan). Karena bisa menyebabkan gosong dan lengket pada pot-nya. Jadi sembari ditengok bisa ditambahkan sedikit air selama -+ 8jam memasak :)

11. Pindahkan ke mangkuk baby secukupnya, tunggu agak dingin lalu masukkan minyak zaitun secukupnya. Jika tidak suka bisa tidak dipakai. Minyak zaitun disini dimaksudkan untuk memboost berat badan bayi :D *tips dari Mommy Zahra-Bila*

12. Lalu siap untuk disuapkan ke baby :)

Semoga resep ini bermanfaat yaaa :D selain bisa buat baby, ini juga enak buat bunda-bundanya jadi bisa makan bareng-bareng deh :D

Alhamdulillah, anakku suka banget. Sekali masak bisa buat makan sehari karena dia nambah-nambah terus *senangnya* semoga baby-baby lain suka juga ya :D

**Disclaimer**
Selalu konsultasikan dengan dokter anak anda sebelum memberikan makanan kepada bayi anda. Penulis tidak bertanggung jawab jika terjadi sesuatu pada anak anda :) Terima kasih.

Peace-TakeCare-GoodLuck
@ermaeruma

No comments:

Post a Comment